Mulyadi, Lalu (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Probelem Based Learning (PBL) berbantuan simulasi Physics Education Technologi (PhET) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram yang berjumlah tiga belas kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XG sebagai kelas eksperimen dan XI sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kelas XG dan XI adalah 68,30 dan 61,80, secara statistik data tes hasil belajar tersebut terdistribusi normal dan homogen. Data hasil belajar dianalisis menggunakan t-test Polled Varians, diperoleh sebesar 2,67 dan sebesar 1,99 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 6. Oleh karena lebih besar maka Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Probelem Based Learning (PBL) berbantuan simulasi PhET berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Problem Based Learning (PBL), Simulasi PhET, Hasil Belajar Fisika Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 02:26 |
Last Modified: | 05 Feb 2018 02:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1437 |
Actions (login required)
View Item |