Zulmi, Charisma Permadi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK DI SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI CHARISMA PERMADI ZULMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) dengan teknik problem solving terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik untuk materi alat-alat optik di SMA Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain untreated control group design with pre-test and post-test. Populasi seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji statistik parametrik yaitu uji-t with pre-test and post-test. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 4,42 yang nilainya lebih besar dari ttabel yaitu 2,008 pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis null (H0) ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs) dengan teknik problem solving terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | conceptual understanding procedures (CUPs), problem solving, penguasaan konsep fisika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 01:50 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 01:50 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14378 |
Actions (login required)
View Item |