HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN JANGO TAHUN AJARAN 2018/2019

LESTARI, NUNUNG (2019) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN JANGO TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Prestasi Bahasa Indonesia dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Jango Tahun Ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Deskriptif Komparatif. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa kelas IV SDN Jango. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu dengan tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata rata prestasi bahasa Indonesia berada pada angka 58,16 dan nilai rata rata prestasi belajar matematika berada pada angka 50,5. Setelah di analisis menggunakan rumus Product Moment diperoleh nilai rxy = 0.739 dapat dilihat dari tabel Interprestasi Koefisien Korelasi Nilai r berada pada tingkat hubungan kuat. Jadi apabila siswa mempunyai prestasi bahasa Indonesia yang baik dapat dipastikan prestasi belajar matematikanya baik, karena didalam Matematika terdapat soal cerita yang harus dipahami, sehingga memerlukan tingkat pemahaman membaca yang baik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Jango Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): :Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dan Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2019 01:50
Last Modified: 26 Aug 2019 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14381

Actions (login required)

View Item View Item