Kurniawan, Hery (2019) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA DI SDN GUGUS 1 CAKRANEGARA TAHUN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI HERY KURNIAWAN (E1E014023)_compressed-compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan guru dalam pembelajaran IPS siswa di SDN Gugus 1 Cakranegara Tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Gugus 1 Cakranegara. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) Perencanaan yang telah dibuat oleh guru di SDN Gugus 1 Cakranegara sudah baik dengan persentase 84% sehingga kesulitan yang dialami guru dikategorikan rendah sekali. Hasil angket essay menyebutkan bahwa ada beberapa guru yang mengalami kesulitan dalam perencanaan pembelajaran IPS, yaitu 13 % guru kesulitan dalam menentukan media dan metode yang sesuai dengan materi. 7% materi pembelajaran IPS terlalu luas. Sumber dan alat belajar yang kurang memadai sebesar 10%. Waktu membuat RPP kurang sebesar 33%. Guru tidak mengalami kesulitan ada 37%. 2) Pelaksanaan yang telah dibuat oleh guru di SDN Gugus 1 Cakranegara sudah baik dengan persentase 90% sehingga kesulitan yang dialami guru dikategorikan rendah sekali. Hasil angket essay menyebutkan bahwa ada beberapa guru yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS, yaitu 10% dalam proses pembelajar. 3% kesulitan dalam menentukan alat peraga yang tepat. Waktu yang kurang efisien sebesar 20%. Media pembelajaran yang kurang mendukung sebesar 13%. Guru tidak mengalami kesulitan ada 54%. 3) Penilaian yang telah dibuat oleh guru di SDN Gugus 1 Cakranegara sudah baik dengan persentase 87% sehingga kesulitan yang dialami guru dikategorikan rendah sekali. Hasil angket essay menyebutkan bahwa ada beberapa guru yang mengalami kesulitan dalam penilaian pembelajaran IPS, yaitu 17% guru kesulitan dalam penilian konkret. 25% kesulitan dalam memperbaiki nilai siswa yang kurang dari KKM. Guru tidak mengalami kesulitan ada 54%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kesulitan Guru, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:59 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:59 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14387 |
Actions (login required)
View Item |