EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI PEMBELAJARAN RELASI DAN FUNGSI BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2018/2019

DIANTARA, I PUTU YOGI (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI PEMBELAJARAN RELASI DAN FUNGSI BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 GUNUNG SARI TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari metode Student Fasilitator And Explaining dengan metode ekspositori pada materi pada relasi dan fungsi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian post-test only control design. Berdasarkan analisis data yang diperoleh data hasil belajar matematika siswa �ℎ����� adalah 3,95. Sedangkan pada taraf signifikansi 5% diperoleh ������ = 2,006. Dari hasil perhitungan diketahui �ℎ����� ≥ ������ maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat efektivitas hasil belajar siswa yang diajar dengan metode student fasilitator and explaining dengan siswa yang diajar dengan motode ekspositori. Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Student Fasilitator And Explaining lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ekspositori. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Student Fasilitator And Explaining pada materi relasi dan fungsi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gunung sari tahun pelajaran 2018/2019, sehingga hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran, hasil belajar, metode Student Fasilitator And Explaining
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:57
Last Modified: 26 Aug 2019 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14390

Actions (login required)

View Item View Item