PUTRI, ERI LESMANA (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA MAKET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS 1 KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI- ERI LESMANA PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media maket terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri gugus 1 Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan Quasi Experimen metode Nonequivalen Control Grup Dsigen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV gugus 1 Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non-probability judgement sampel sehingga siswa kelas IV SDN 3 Sikur berjumlah 41 siswa terpilih sebagai sampel dalam penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan uji normalitas rumus Kolmogorov Smirnov data kelas eksperimen hasil KSh 0,099 < dari KSt 0,287, dan data kelas kontrol dengan hasil KSh 0,098 < dari KSt 0,294, yang bearti kedua data bedistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dengan rumus Hartley F Max dengan hasil Fh 1,071 < Ft 4,09 yang berati data bersifat homogen. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t rumus Polled Varians dengan hasil th 3,297 > tt 2,022. Maka data dan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran demonstrasi berbantuan media maket terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri gugus 1 Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode Demonstrasi, Media Maket, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:57 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:57 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14391 |
Actions (login required)
View Item |