PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 10 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019

FATURAHMI, FATURAHMI (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 10 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FATURAHMI (E1E215046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran outing class terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 10 Cakranegara Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Desain Tipe Nonequivalent Control Grup Desain. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa strategi pembelajaran outing class, sedangkan kelas IV B merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa tes uraian non objektif (unjuk kerja), lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas mengajar guru dan belajar siswa serta dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan uji t (t-polled varian) pada taraf signifikansi 5% untuk mengetahui adakah pengaruh dari strategi pembelajaran outing class terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi pada kelas eksperimen adalah 77 dan kelas kontrol 62,3. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung sebesar 5,97 ,sedangkan t tabel 1,9265 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari strategi pembelajaran outing class terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV di SDN 10 Cakranegara Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pembelajaran Outing Class dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:57
Last Modified: 26 Aug 2019 02:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14392

Actions (login required)

View Item View Item