HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA MUATAN PKN DENGAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NURHIDAYATULLAH, NURHIDAYATULLAH (2019) HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA MUATAN PKN DENGAN KARAKTER SISWA KELAS IV SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemahaman Nilai- nilai Pancasila, bagaimana Karakter siswa kelas IV, dan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai Pancasila terhadap karakter siswa kelas IV. Teknik penelitian yang digunakan metode kuantitatif deskriptif, penelitian dilakukan di SDN Gugus V Cakranegara yaitu SDN 33 Cakranegara, SDN 10 Cakranegara, SDN 29 Cakranegara, SDN 19 Cakranegara, dan SDN 41 Cakranegara dengan random sampling berjumlah 67 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan bantuan Software Microsoft Excel untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kategori sedang sebesar 58% (39 siswa) dan Karakter siswa kelas IV dalam kategori sedang sebesar 52% (35 siswa). Sedangkan hubungan antara dua variabel menggunakan korelasi r Product Moment dengan bantuan Software SPSS17. Hasil perhitungan dengan hasil koefisien korelasi yang ditandai dengan nilai rxy sebesar 0,547 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan karakter siswa kelas IV SDN Gugus V Cakranegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian ini adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai Pancasila dengan karakter siswa kelas IV SDN Gugus V Cakranegara dengan kekuatan hubungan antara kedua variabel berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Karakter Siswa Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:56
Last Modified: 26 Aug 2019 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item