HARTAGUNA, HARTAGUNA (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI - FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari pendekatan pembelajaran open-ended dalam meningkatkan kreativitas penyelesaian masalah matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pre-Test Post-Test Nonequivalent Control Group Design. Yang menjadi subjek penelitian yaitu kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kreativitas, pre-test dan post-test pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan uji proporsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata- rata hasil post-test kelas yang diajar dengan pendekatan open-ended dan kelas yang diajar dengan pendekatan konvensional. Selain itu, terdapat perbedaan proporsi siswa dengan kategori kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif pada kelas yang diajar dengan pendekatan open-ended dan kelas yang diajar dengan pendekatan konvensional. Dengan adanya perbedaan rata-rata hasil post-test dan perbedaan proporsi kreatif, kurang kreatif, dan tidak kreatif, maka pendekatan pembelajaran open-ended dapat meningkatkan kreativitas penyelesaian masalah matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Open-Ended, Efektivitas, Kreativitas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:40 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14404 |
Actions (login required)
View Item |