MENGEMBANGKAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ALAWIYAH, JANNATUL MA’WA (2019) MENGEMBANGKAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA HATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi FIX3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah cenderung menggunakan sistem pembelajaran calistung yang membosankan bagi anak. Padahal prinsip pembelajaran anak usia dini adalah melalui bermain. Beberapa permainan tradisional dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini, salah satunya adalah congklak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan alat permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Hati Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan congklak untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Hati Tahun Pelajaran 2018-2019 Pengembangan ini dilakukan di TK Mutiara Hati dan TK DWP Dikpora Ampenan. Uji coba produk yang dilakukan sebanyak 4 kali di TK Mutiara Hati. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentas, dengan subjek 15 orang siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil pengembangan alat permainan tradisional congklak adalah alat permainan congklak yang memiliki 5 buah lubang dengan 3 warna di masing- masing lubang (merah, kuning, dan hijau), selain itu buah congklak yang digunakan memiliki 3 warna sesuai dengan lubang congklak yaitu (merah, kuning, dan hijau). Uji coba dilakukan selama 4 kali, terdapat peningkatan persentase dari 63% menjadi 83%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa cara mengembangkan alat permainan tradisional congklak berdasarkan langkah- langkah pelaksanaan yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Hati Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan, alat permainan tradisional congklak, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:12
Last Modified: 28 Aug 2019 04:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item