PENGASUHAN PADA KELUARGA PETANI DAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI JEMPONG BARU KECAMATAN SEKARBELA

PUTRI, ISMAYAWATI (2019) PENGASUHAN PADA KELUARGA PETANI DAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI JEMPONG BARU KECAMATAN SEKARBELA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua sangat mempengaruhi sosial emosional anak. Kondisi keluarga yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram,bahwa anak-anak tersebut sering ditinggal oleh orang tuanya bekerja dari pagi hari sampai sore hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengasuhan keluarga petani anak usia 5-6 tahun dan Bagaimana karakteristik perkembangan sosial emosional anak petani usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif fenomenologis, dengan observasi, wawancara, analisis dokumentasi, FGD sebagai Teknik pengumpulan data utama.Analisis menggunakan analisis kualitatif: Display data, Reduksi data, dan Verifikasi data. Penelitian ini menemukan bahwa banyak tatanan pola asuh yang diterapkan, pengasuhan lebih banyak dilakukan oleh sang ibu. Dikarenakan sang ayah bekerja sebagai kepala keluarga, namun di waktu senggang sang ayah tetap membantu ibu mengurus anak- anaknya,pengasuhan anak pada keluarga petani ini menghasilkan anak yang mandiri dan komunikasi yang di bangun juga bagus karena mereka memahami bahasa yang di gunakan oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian hal ini termasuk pula ke dalam pengasuhan keluarga demokratis. Penelitian yang dilakukan harus lebih mendalam lagi memahami subyek yang diteliti, dalam melakukan penelitian harus lebih intensif agar data yang diperoleh lebih banyak dan teruji hasilnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengasuhan, Petani, dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:12
Last Modified: 28 Aug 2019 04:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14410

Actions (login required)

View Item View Item