IMPLIKATUR PERCAKAPAN PENGAMBILAN GILIRAN DALAM TEKS ACARA DEBAT DI TV ONE EPISODE NIKAH SEJENIS, MANUSIAWI ATAU EKSISTENSI?

Amili, Nur Ipadatul (2019) IMPLIKATUR PERCAKAPAN PENGAMBILAN GILIRAN DALAM TEKS ACARA DEBAT DI TV ONE EPISODE NIKAH SEJENIS, MANUSIAWI ATAU EKSISTENSI? S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ilovepdf_merged (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian yaitu : (1) mendeskripsikan wacana percakapan pengambilan giliran pada teks acara debat di TV One episode Nikah Sejenis, Manusiawi atau Eksistensi?; (2) mendeskripsikan implikatur percakapan dalam teks acara debat di TV One Episode Nikah Sejenis, Manusiawi atau Eksistensi?; (3) mendeskripsikan komponen konstruksi giliran dalam wacana percakapan pengambilan giliran pada teks acara debat di TV One episode Nikah Sejenis, Manusiawi atau Eksistensi?. Dalam pengumpulan data digunakan metode simak dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual kemudian disimpulkan hasilnya. Adapun hasil penelitian ini adalah : (1) terdapat pengambilan giliran dalam teks acara debat di TV One episode Nikah Sejenis, Manusiawi atau Eksistensi?; (2) Dalam penelitian tersebut terdapat implikatur percakapan berupa 2 pelanggaran prinsip kerja sama yaitu pelanggaran maksim relevansi dan pelanggaran maksim kuantitas serta terdapat 11 percakapan yang memiliki inferensi; (3) terdapat komponen konstruksi giliran dengan model konstruksi giliran yang dikemukakan oleh Harvey Sacks, Emanuel Schegloff and Gail Jefferson. Dalam teori tersebut disebutkan bahwa dalam komponen konstruksi giliran ditemukan empat bentuk wacana percakapan pengambilan giliran dalam teks acara debat di TV One episode Nikah Sejenis, Manusiawi atau Eksistensi? yang mengikuti kaidah 1.a yaitu kaidah yang menggunakan teknik ‘pemilihan pembicara selanjutnya’, ditemukan dua bentuk wacana percakapan pengambilan giliran dalam teks acara debat di TV One episode Nikah Sejenis, Manusiawi atau Eksistensi? yang mengikuti kaidah 1.b yaitu kaidah yang tidak menggunakan teknik ‘pemilihan pembicara selanjutnya’ dan ditemukan sebelas bentuk wacana percakapan pengambilan giliran dalam teks acara debat di TV One episode Nikah Sejenis, Manusiawi atau Eksistensi? yang mengikuti kaidah 1.c yaitu kaidah yang tidak melibatkan penggunaan teknik ‘pemilihan pembicara selanjutnya’.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): strukur percakapan, pengambilan giliran,implikatur percakapan, komponen konstruksi giliran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:11
Last Modified: 28 Aug 2019 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item