PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018

LIDIANA, HAMIDAH (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI VCD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media PhET terhadap kreativitas dan hasil belajar fisika peserta didik.. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kediri. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang terdiri dari peserta didik kelas XI MS.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MS.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kreativitas dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk uraian dan hasil belajar dilakukan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Hipotesis penelitian di uji dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperoleh hasil thitung > ttabel, yaitu untuk tes kreativitas didapatkan 3,02 > 2,03 dan untuk hasil belajar didapatkan 2,23 > 2,03. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perlakuan model discovery learning berbantuan media PhET terhadap kreativitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Media PhET, Kreativitas dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:11
Last Modified: 28 Aug 2019 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item View Item