KEANEKARAGAMAN GENETIK ZOOXANTHELLAE PADA KARANG Echinopora lamellosa DI KAWASAN TERUMBU KARANG GILI PETAGAN LOMBOK TIMUR

Ghafari, Muhammad Irsyad Abiyusfi (2019) KEANEKARAGAMAN GENETIK ZOOXANTHELLAE PADA KARANG Echinopora lamellosa DI KAWASAN TERUMBU KARANG GILI PETAGAN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhammad Irsyad Abiyusfi Ghafari (E1A015038).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keanekaragaman genetik (genetic diversity) zooxanthellae merupakan unsur intrinsik yang sangat mempengaruhi kesintasan hidup karang dalam menghadapi cekaman lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman genetik zooxanthellae pada karang Echinopora lamellosa di kawasan terumbu karang Gili Petagan, Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan sepanjang bulan September 2018 hingga April 2019. DNA diekstraksi dari dua sampel karang E. lamellosa berukuran 2-3 cm. Amplifikasi dilakukan pada sampel hasil ekstraksi dengan menargetkan „daerah gen non-koding‟ ITS1-5.8R- ITS4, dilanjutkan dengan proses sekuensi untuk mendapatkan sekuens sampel rDNA zooxanthellae. Teknik clustering digunakan dalam menentukan tipe klad zooxanthellae dengan cara mengkonstruksi pohon filogenetik yang terdiri atas sekuens sampel dan sekuens unduhan dari GenBank NCBI. Pohon filogenetik yang dibuat berbasis Maximum Likelihood (ML) dengan nilai bootstrap 1000× untuk mendapatkan hasil terbaik. Hasil penelitian ini menemukan zooxanthellae klad B dan C sebagai simbion E. lamellosa. Penemuan ini merupakan catatan pertama mengenai kemampuan E. lamellosa sebagai inang beragam simbion serta berkontribusi dalam informasi distribusi geografis zooxanthellae klad B yang jarang ditemukan di daerah Asia Pasifik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keanekaragaman genetik, zooxanthellae, klad
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:11
Last Modified: 28 Aug 2019 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item