PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH YANG BATAS-BATASNYA TIDAK JELAS AKIBAT BENCANA ALAM DITINJAU DARI UUPA (Studi Di Desa Pemenang Barat Kec. Pemenang Kab. Lombok Utara)

SAEPULLOH, SAEPULLOH (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK ATAS TANAH YANG BATAS-BATASNYA TIDAK JELAS AKIBAT BENCANA ALAM DITINJAU DARI UUPA (Studi Di Desa Pemenang Barat Kec. Pemenang Kab. Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi pull saepulloh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi pemegang hak atas tanah pasca bencana yang batas-batasnya tidak jelas akibat bencana alam gempa bumi dan hambatan yang dihadapi dalam perlindungan hukum tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan perundang-undangan, secara konseptual dan sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian atau analisis, perlindungan hukumnya dengan dilakukan konsolidasi tanah berdasarkan kesepakatan masyarakat dan rekonstruksi batas-batas tanah pasca bencana alam gempa bumi yang berdasar pada alat bukti kepemilikan tanah. Kemudian hambatan dalam perlindungan hukum diatas masyarakat secara yuridis yaitu tidak lengkapnya data kepemilikan tanah, masih adanya sengketa batas. Selain itu hambatan non yuridis dimana ada masyarakat yang belum memiliki sertifikat sehingga sulit untuk memberikan perlindungan hukum pasca bencana alam gempa bumi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan hukum, hak atas tanah, bencana alam.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Sep 2019 00:30
Last Modified: 03 Sep 2019 00:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item