PERLINDUNGAN KAWASAN LAHAN PERTANIAN DALAM PERATURAN DAERAH KOTA MATARAM NOMOR 12 TAHUN 2011 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA MATARAM

NURLAILI, DWI SARTIKA (2019) PERLINDUNGAN KAWASAN LAHAN PERTANIAN DALAM PERATURAN DAERAH KOTA MATARAM NOMOR 12 TAHUN 2011 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DWI SARTIKA NURLAILI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami upaya pemerintah dalam melindungi kawasan lahan pertanian serta kendala maupun hambatan yang dihadapi Kota Mataram. Penelitian ini merupakan tipe penelitian hukum empiris dengan metode pendekatan sosiologis dan ditindak lanjuti dengan penelitian lapangan untuk memperoleh data primer daripara responden maupun informan. Adapun Langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Mataram dalam upaya melindungi kawasan pertanian sebagaimana yang telah ditentukan dalam penetapan zonasi kawasan pertanian berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 yaitu dengan melalui penegakan sistem perizinan secara selektif dan objektif dengan berpedoman pada fungsi ruang yang telah diatur melalui zona pemanfaatan ruang. Di samping itu Pemerintah Daerah Kota Mataram sudah melakukan revisi untuk mensesuaikan dengan perkembangan kebutuhan terutama dalam hal perubahan zonasi. Adapun kendala dan hambatan dalam melindungi kawasan lahan pertanian di Kota Mataram yaitu: kepemilikan lahan yang sebagian besar dikuasai oleh pengembang atau pengusaha dan kurangnya sosialisasi tata ruang serta kurangnya pemahaman masyarakat Kota Mataram terhadap dampak alih fungsi lahan Pertanian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): melindungi, alih fungsi, lahan pertanian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:22
Last Modified: 03 Sep 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item