AKIBAT HUKUM PENAMBANGAN LIAR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Desa Prabu Kecamatan Pujut)

SAPUTRA, ANE (2019) AKIBAT HUKUM PENAMBANGAN LIAR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (Studi di Desa Prabu Kecamatan Pujut). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akibat hukum pelaksanaan pertambangan tanpa izin di Desa Prabu, untuk mengetahui dampak secara sosial ekonomi masyarakat dari pelaksanaan pertambangan liar di Desa Prabu dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk menanggulangi dari penambangan tanpa izin, dengan metode penelitian empiris. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Akibat hukum pertambangan liar yang tidak memiliki izin usaha pertambangan (IUP), eksistensi pertambangan yang ada di Desa Prabu Kecamatan Pujut merupakan Pertambangan Rakyat yang tidak memiliki izin. Dampak Penambangan Tanpa Izin Terhadap Lingkungan Hidup memberikan banyak dampak negatif dengan adanya pengerukan, penggalian, adanya pembukaan lahan pertambangan dan penggunaa bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Kedua, dampak secara sosial ekonomi masyarakat di Desa Prabu dari pelaksanaan pertambangan liar di Desa Prabu yaitu, masyarakatnya memiliki mata pencaharian baru yang lebih bernilai ekonomi tinggi tanpa meninggalkan mata pencaharian sebelumnya. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kerusakan dari penambangan tanpa izin, perlu adanya upaya penanggulangan aktivitas penambangan emas ilegal yang ada di Desa Prabu perlu upaya Preventif dan Represif oleh pemetintah dan perlu adanya sinergi dari semua kalangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pertambangan, Izin, dan Lingkungan Hidup
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:22
Last Modified: 03 Sep 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item