PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PEMERKOSAAN (Putusan Nomor : 27/ Pid.Sus.Anak/ 2016 / PN. Mtr.)

NOLA, I GDE (2019) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PEMERKOSAAN (Putusan Nomor : 27/ Pid.Sus.Anak/ 2016 / PN. Mtr.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertimbangan Hakim Dalam Penjatuhan Pidana Terhadap Anak Yang Melakukan Pemerkosaan ( Putusan Nomor : 27 / Pid. Sus. Anak / 2016 / PN.Mtr.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pidana dan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap anak yang melakukan tindak pidana pemerkosaan, jenis penelitian normative dengan pendekatan perundang-undangan, konseptual dan kasus, bahan hukum yaitu kepustakaan, jenis bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, skunder dan tresier, analisis bahan hukum yaitu dianalisis dengan cara dilakukan penafsiran. Dari penelitian ini diketahui penerapan pidana terhadap anak yaitu pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan, pemidanaan yang diterapkan cukup ringan dan hakim telah benar dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap anak yang melakukan tindakan pidana dengan memberikan pertimbangan baik yuridis yaitu Pasal 285 KUHP maupun non-yuridis, keadaan yang memberatkan : Perbuatan Anak meresahkan masyarakat dan meringankan: Anak mengakui dan menyesali perbuatanya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan sanksi pidana, tindak pidana pemerkosaan, pertimbangan hakim.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Sep 2019 00:20
Last Modified: 04 Sep 2019 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14469

Actions (login required)

View Item View Item