PENGAWASAN PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2016 TENTANG PROGRAM DAERAH PEMBERDAYAAN GOTONG ROYONG (Studi Di Kabupaten Sumbawa Barat)

SAFITRI, ELSA ELYA (2019) PENGAWASAN PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2016 TENTANG PROGRAM DAERAH PEMBERDAYAAN GOTONG ROYONG (Studi Di Kabupaten Sumbawa Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masih lemahnya pelaksanaan pengawasan terhadap penyelenggaraan suatu peraturan daerah dalam suatu daerah, salah satunya Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat yang masih belum optimal sehingga menjadi latar belakang dalam penyusunan skripsi ini. Adapun permasalahan penyusunan dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan dan pengawasan pelaksanaan terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong, serta faktor pendukung dan penghambat peraturan daerah tersebut. Tujuan penyusun melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan pengawasan pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Nomor 3 Tahun 2016 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong, serta faktor pendukung dan penghambat peraturan daerah tersebut. Metode penelitian yang penyusun gunakan yaitu metode penelitian empiris. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa yang pertama, pengawasan dalam pelaksanaan peraturan daerah Nomor 3 Tahun 2016 sudah baik, namun masih banyak menemukan keluhan dari masyarakat yang tidak puas terhadap pelaksanaannya, serta kurang optimalnya sistem pendataannya. Kedua, yang menjadi faktor pendorong pelaksanaannya adalah adanya keinginan pemerintah daerah untuk mensejahterahkan masyarakat, dan faktor penghambatnya masih kurangnnya komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat sehingga banyak menimbulkan kesalahpahaman terhadap pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengawasan; Pelaksanaan; Peraturan Daerah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Sep 2019 00:14
Last Modified: 05 Sep 2019 00:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14485

Actions (login required)

View Item View Item