PENERAPAN DISPENSASI NIKAH TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR DITINJAU DARI HUKUM PERKAWINAN UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 (STUDI DI PENGADILAN AGAMA PRAYA)

NOVIAN, DWIKY HARLIE (2019) PENERAPAN DISPENSASI NIKAH TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR DITINJAU DARI HUKUM PERKAWINAN UNDANG-UNDANG NO 1 TAHUN 1974 (STUDI DI PENGADILAN AGAMA PRAYA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan diajukan permohonan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Praya dan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam menetapkan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Praya. Jenis penelitian ini adalah penilitian hukum normatif empiris, yang menggunakan Pendekatan Perundang-undangan (statute approach), Pendekatan Konseptual (conceptual approach), Pendekatan Sosiologis (Sociolegal). Berdasarkan hasil penelitian ini adalah alasan pemohon mengajukan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Praya secara garis besar alasan utamanya yakni belum tercapainya usia perkawinan, sehingga dimohonkan dispensasi nikah. Pertimbangan hakim menetapkan dispensasi nikah dapat di klasifikasikan secara yudisial dan non yudisial

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dispensasi nikah, Perkawinan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Sep 2019 00:11
Last Modified: 05 Sep 2019 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14487

Actions (login required)

View Item View Item