PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK (PENERIMA BEASISWA) PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN YANG MENGALAMI KEMATIAN BERDASARKAN HUKUM POSITIF DI INDONESIA

AMMADA, R.A YAHUNIZA (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK (PENERIMA BEASISWA) PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN YANG MENGALAMI KEMATIAN BERDASARKAN HUKUM POSITIF DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum bagi anak (penerima beasiswa) peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kematian berdasarkan hukum positif di Indonesia, dan untuk menjelaskan bentuk tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan yang melakukan wanprestasi terhadap peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam hal pemberian tunjangan anak berupa beasiswa pendidikan. Penelitian ini bermanfaat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dibidang hukum ketenagakerjaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan perlindungan hukum bagi anak (penerima beasiswa) dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kematian, wujudnya adalah pihak BPJS Ketenagakerjaan wajib memberikan tunjangan anak berupa beasiswa pendidikan kepada anak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kematian. Bentuk tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan yang melakukan wanprestasi dengan tidak diberikannya jaminan tunjangan anak berupa beasiswa pendidikan kepada anak dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kematian yaitu BPJS Ketenagakerjaan wajib bertanggungjawab dengan cara membayar ganti kerugian kepada ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Anak, Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Beasiswa Pendidikan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Sep 2019 00:07
Last Modified: 05 Sep 2019 00:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14493

Actions (login required)

View Item View Item