PERLINDUNGAN HUKUM BAGI MASYARAKAT TERHADAP SENGKETA TANAH PADA KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA (Studi di Kabupaten Lombok Tengah)

SABELLA, NOPIA RIZKY (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI MASYARAKAT TERHADAP SENGKETA TANAH PADA KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA (Studi di Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bagi masyarakat terhadap sengketa tanah pada Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, yang merupakan penelitian empiris dengan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi masyarakat terhadap sengketa tanah pada Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yaitu perlindungan hukum preventif berupa pengaturan oleh UUPA dan perlindungan hukum represif berupa pembatalan sertifikat hak atas tanah bagi pemegang yang tidak berhak. Faktor-faktor penyebab terjadinya sengketa tanah yaitu berupa faktor yuridis dan non yuridis. Adapun proses penyelesaian sengketa hak kepemilikan atas tanah oleh Badan Pertanahan Nasional ada dua macam yaitu proses penyelesaian sengketa yang merupakan kewenangan kementrian dan yang bukan merupakan kewenangan kementrian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Sengketa Tanah, Masyarakat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Sep 2019 00:07
Last Modified: 05 Sep 2019 00:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14494

Actions (login required)

View Item View Item