PENGARUH SUPPLEMENTASI TABLET ORGANIK BERBASIS DAUN TURI (Sesbania grandiflora L) TERHADAP MORFOLOGI DAN INTEGRITAS PLASMA MEMBRAN SPERMATOZOA KAMBING LOKAL PADA SUHU 27o C

PUTRI, DELA LUSIANA (2019) PENGARUH SUPPLEMENTASI TABLET ORGANIK BERBASIS DAUN TURI (Sesbania grandiflora L) TERHADAP MORFOLOGI DAN INTEGRITAS PLASMA MEMBRAN SPERMATOZOA KAMBING LOKAL PADA SUHU 27o C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DELA LUSIANA PUTRI B1D015051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tablet organik berbasis daun turi (Sesbania grandiflora L) terhadap morfologi dan integritas plasma membran spermatozoa kambing lokal. Materi yang digunakan adalah 4 ekor kambing lokal yang berumur ±2 tahun. Ada dua perlakuan terhadap kambing jantan yaitu sebelum dan setelah pemberian tablet organik. Semen hasil penampungan diencerkan menggunakan pengencer tris kuning telur dengan perbandingan 1:8 kemudian disimpan selama 0 jam, 1,5 jam, 3 jam, 4,5 jam, dan 6 jam pada suhu 27o C. Analisis data menggunakan Microsoft excel dilanjutkan dengan T-test menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan persentase morfologi spermatozoa normal sebelum pemberian tablet organik pada lama simpan 0., 1,5., 3., 4,5., dan 6 jam meningkat secara signifikan (P<0,05) setelah pemberian tablet organik. Tren yang sama terjadi pada persentase membran plasma utuh sebelum pemberian tablet organik pada lama simpan 0., 1,5., 3., 4,5., dan 6 jam meningkat secara signifikan (P<0,05) setelah pemberian tablet organik. Disimpulkan bahwa, suplementasi tablet organik berbasis daun turi dapat meningkatkan kualitas spermatozoa kambing lokal yang disimpan pada suhu 27o C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kambing, Suplemen Pakan, Integritas Membran, Morfologi Spermatozoa,
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:34
Last Modified: 12 Sep 2019 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14536

Actions (login required)

View Item View Item