HUBUNGAN ANTARA PANJANG BADAN, PANJANG PAHA DAN PANJANG METAKARPAL DENGAN BOBOT BADAN KERBAU LUMPUR DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Azhar, Jumiri Jamiludin (2019) HUBUNGAN ANTARA PANJANG BADAN, PANJANG PAHA DAN PANJANG METAKARPAL DENGAN BOBOT BADAN KERBAU LUMPUR DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara panjang badan, panjang paha dan panjang metakarpal pada kerbau lumpur. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21April - 29 Mei 2019 di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kerbau lumpur (Swamp Buffalo) sejumlah 90 ekor. Penelitian ini menggunakan metode survey dan teknik pengambilan sampel secara snowball sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan excel dan dianalisis menggunakan analisis korelasi-regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa keeratan hubungan antara panjang badan, panjang paha dan panjang metakarpal dengan bobot badan memiliki tingkat keeratan yang berbeda-beda. Panjang badan memiliki keeratan yang lebih baik jika dibandingkan dengan panjang paha dan panjang metakarpal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang lebih tinggi. Koefisien korelasi antara panjang badan dengan bobot badan kerbau jantan muda sebesar 0.87, betina muda sebesar 0.79, jantan dewasa sebesar 0.82 dan betina dewasa sebesar 0.70.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerbau Lumpur, Bobot Badan, Panjang Badan, Panjang Paha dan Panjang Metakarpal.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Sep 2019 04:34
Last Modified: 12 Sep 2019 04:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item