KADAR ASAM LAKTAT NILAI pH DAN NILAI ORGANOLEPTIK YOGHURT SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN UBI JALAR UNGU SELAMA PROSES PENYIMPANAN

RACHMAWATI, IDIA RIZKI (2019) KADAR ASAM LAKTAT NILAI pH DAN NILAI ORGANOLEPTIK YOGHURT SUSU KERBAU DENGAN PENAMBAHAN UBI JALAR UNGU SELAMA PROSES PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IDIA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan terhadap nilai asam , pH yoghurt dan setelah ditambahkan ekstrak ubi jalar ungu selama penyimpanan dan untuk mengetahui nilai organoleptik yoghurt setelah ditambahkan ektrak ubi jalar ungu selama penyimpanan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2018 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) sedangkan perbanyakan stater kultur dilakukan di Laboratorium Mikrbiologi dan Bioteknologi Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Bahan yang digunakan adalah 4 liter susu kerbau segar yang berasal dari pulau sumbawa dan ubi jalar ungu yang di ambil dari desa jenggik kabupaten lombok timur. Eksperimen dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan 2 perlakuan dan 3 kali ulangan. Untuk pernyimpanan dilakukan selama 0,3,6 hari. Data kadar asam laktat dan pH dianalisis menggunakan analisa sidik ragam ( ANOVA), sedangkan data organoleptik dianalisis dengan uji friedman menggunakan aplikasi SPSS V. 22 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar asam laktat penambahan ekstrak dan tanpa penambahan estrak ubi jalar ungu tidak terdapat perbedaan nyata (P>0,05) dan untuk pH penambahan dan tanpa penambahan ekstrak ubi jalar ungu menunjukkan perbedaan nyata (P<0,05). Pada nilai organoleptik pada variabel penerimaan menunjukkan adanya pengaruh nyata (P<0,05). Dengan penyimpanan yang lebih lama nilai uji hedonik berdasarkan ranking yang telah dilakukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa tanpa penambahan ekstrak ubi jalar ungu lebih disukai panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ubi jalar ungu, susu kerbau, pH, Asam Laktat, Nilai Organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:27
Last Modified: 23 Sep 2019 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item