PENGARUH PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 3 MATARAM KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RUDIANSYAH H, MUHAMAD (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 3 MATARAM KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 3 Mataram Kecamatan Selaparang tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 3 Mataram. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik nonprobablity sampling yaitu jenis sampling jenuh, dimana siswa IA sebagai kelas eksperimen dan IB sebagai kelas kontrol. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan metode SAS ,sedangkan kelompok kontrol tanpa menggunakan metode SAS. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dari hasil perhitungan, diperoleh = 3,56 dan = 2,021, oleh karena ≥ maka, Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penerapan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca siswa kelompok eksperimen sebesar 75,88 dan kelompok kontrol 62,26. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode SAS lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa penerapan metode SAS di SDN 3 Mataram. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 3 mataram kecamatan selaparang tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik), Kemampuan membaca permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:26
Last Modified: 20 Sep 2019 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item View Item