PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X IPA SMA/MA NEGERI SE-KECAMATAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DYAH, AYRIN MAORINING (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X IPA SMA/MA NEGERI SE-KECAMATAN GERUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X IPA SMA/MA Negeri se-Kecamatan Gerung; (2) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X IPA SMA/MA Negeri se-Kecamatan Gerung; (3) pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia pada siswa kelas X IPA SMA/MA Negeri se- Kecamatan Gerung. Jenis penelitian ini kuantitatif ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X IPA SMA/MA Negeri se-Kecamatan Gerung sebanyak 281 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 sampai X IPA 6 di SMAN 1 Gerung, kelas X IPA di SMAN 2 Gerung serta kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di MAN Lombok Barat yang ditentukan melalui metode proporsional random sampling. Pengumpulan data motivasi belajar dan gaya belajar dengan angket, sedangkan data hasil belajar kimia diperoleh dari nilai ulangan tengah semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus korelasi Product Moment, teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia. Hal ini terbukti dari nilai rhitung = 0,393 lebih besar dari rtabel = 0,159, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar kimia. Hal ini terbukti dari nilai rhitung = 0.793 lebih besar dari rtabel = 0,159, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia. Hal ini terbukti dari nilai rhitung = 0,217 lebih besar dari rtabel = 0,159.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): motivasi belajar, gaya belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:26
Last Modified: 20 Sep 2019 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14572

Actions (login required)

View Item View Item