PERANCANGAN SISTEM KENDALI JARAK PADA QUADCOPTER BERBASIS ARDUINO UNO R3 DENGAN SENSOR ULTRASONIK HC-SR04

Jalaludin, Ahmad (2019) PERANCANGAN SISTEM KENDALI JARAK PADA QUADCOPTER BERBASIS ARDUINO UNO R3 DENGAN SENSOR ULTRASONIK HC-SR04. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir Ahmad Jalaludin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Suatu quadcopter dengan empat sensor ultrasonic HC-SR04 untuk membaca jarak yang bertujuan agar quadcopter dapat menghindar dari penghalang. Pemanfaatan quadcopter tersebut pada bidang militer, media, dan untuk penelitian yang tidak dapat dijangkau oleh manusia akan sangat tepat. Khususnya untuk mengambil gambar dan video serta untuk pengambilan data penelitian. Pada perancangan ini, quadcopter yang dirancang ditugaskan untuk mampu menghindar dari penghalang berupa benda padat yang sesuai dengan set- point yang diberikan. Pengambilan keputusan sistem, kontrol motor brushless sebagai aktuator, dan pengontrolan sensor – sensor dilakukan oleh mikrokontroler (atmega328). Pengendali kestabilan dan pengaturan posisi ketinggian quadcopter menggunakan kendali PID yang telah diterapkan kedalam sistem. Hasil dari penelitian ini adalah quadcopter mampu menghindar dari jarak sesuai dengan set-point yang diberikan. Dalam pembacaan jarak, quadcopter mampu menghindar dari penghalang kearah yang berlawanan ketika salah satu dari empat sensor yaitu kiri, kana, depan, dan belakang membaca jarak 60 cm dari letak sensor pada quadcopter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): quadcopter, sensor ultrasonic HC-SR04, IMU MPU6050, mikrokontroler, kendali PID, menghindar dari penghalang.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:26
Last Modified: 20 Sep 2019 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

View Item View Item