STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PASCA GEMPA BUMI (Kasus Masyarakat Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara)

Windiana, Winda (2019) STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PASCA GEMPA BUMI (Kasus Masyarakat Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINDA WINDIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian berjudul “Strategi Adaptasi Masyarakat Desa Gumantar Pasca Gempa Bumi dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga” telah dilakukan di salah satu desa yang terdampak. Dampak gempa bumi tersebut tidak hanya menyebabkan terjadinya kerusakan fisik bangunan tempat tinggal, infrastruktur dan fasilitas sosial lainnya, akan tetapi dampak gempa bumi ini menyebabkan kondisi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Desa Gumantar berada pada kondisi yang sangat memprihatinkan. Dampak secara langsung yang dirasakan oleh masyarakat Desa Gumantar adalah menurunnya tingkat ketahanan pangan rumahtangga. Hasil pengamatan dan wawancara dengan tokoh masyarakat memperlihatkan bahwa kondisi ketahanan pangan rumahtangga masyarakat Desa Gumantar pasca gempa bumi berada pada kondisi yang sangat memprihatinkan dalam hal ketersediaan pangan, aksesibilitas (daya beli) terhadap pangan dan ragam konsumsi pangan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pedekatan fenomenologi, lokasi penelitian di tentukan dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Penelitian ini menggunakan konsep strategi adaptasi Suharto, teori etika subsistensi James Scott, tindakan rasional Max Weber, dan teori rasional petani Samuel L Popkin (1979). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai strategi adaptasi telah dilakukan oleh masyarakat Desa Gumantar antara lain menyimpan gabah hasil panen, membeli beras, terutama rumahtangga yang tidak memiliki lahan pertanian, meminjam beras dan uang dari keluarga atau tetangga, menjadi buruh tani, buruh bangunan, pedagang keliling, bantuan pemerintah, mengurangi kebutuhan keluarga, menjadi TKI dengan negara tujuan Malaysia dan Timur Tengah dan memanam kembali tanaman lokal serta tetap terjaganya budaya lokal seperti besiru. Keragaman konsumsi pangan rumah tangga pasca gempa, pangan yang dikonsumsi yaitu makanan pokok dan makanan pengganti. jenis bahan pangan pokok yaitu beras atau nasi, sedangkan bahan makanan pengganti adalah jenis umbi-umbian dan kacang-kacangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Adaptasi, Ketersediaan Pangan, Aksesisbilitas Pangan, Keragaman Pangan, Gempa Bumi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:25
Last Modified: 23 Sep 2019 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14590

Actions (login required)

View Item View Item