F A K T O R - F A K T O RY A N GM E M P E N G A R U H I M A S Y A R A K A T M E N J A D I T K I D I D E S A L E N E KL A U QK E C A M A T A N A I K M E LK A B U P A T E N L O M B O KT I M U R

S u d a e s, M . A l w i (2019) F A K T O R - F A K T O RY A N GM E M P E N G A R U H I M A S Y A R A K A T M E N J A D I T K I D I D E S A L E N E KL A U QK E C A M A T A N A I K M E LK A B U P A T E N L O M B O KT I M U R. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
M. Alwi Sudaesi ( SKRIPSI UPLOAD 1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

TKI (tenaga kerja indonesia) merupakan pekerjaan yang lumrah dilakoni oleh masyarakat indonesia secara umum dalam menigkatkan pendapatan. Faktor internal dan eksternal masyarakat sangat mempengaruhi tindakan aktor dalam melakukan pilihan rasional. Sehingga pilihan rasional tersebut mendorong aktor untuk melakukan tindakan ekonomi sepertihalnya memilih menjadi TKI daripada bekerja di daerah asal karena melihat sumberdaya yang ada di negara tujuan yang menjadi acuan masyarakat desa Lenek Lauq menjadi TKI. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi masyarakat menjadi TKI di desa Lenek Lauq Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Barat. Faktor faktor tersebut seperti pendorong masyarakat menjadi TKI, penarik Mayarakat Menjadi TKI, dan penghambat Masyarakat menjadi TKI. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan informan yang menjadi Calon TKI, Mantan TKI, anggota keluarga TKI, Staf desa, dan Calo/Tekong/PJTKI yang ada di desa Lenek Lauq. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan reduksi Data, penyajian data dan verifikas/kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada tiga faktor yang mendominasi masyarakat Lenek Lauq bekerja menjadi TKI yakni faktor pendorong, faktor penarik dan faktor penghambat masyarakat menjadi TKI. di dalam faktor pendorong ada beberapa sub sub yakni keterbatasan lapangan pekerjaan di daerah asal, rendahnya pendapatan, kondisi sosial ekonomi, kebutuhan ekonomi semakin meningkat. Kemudian faktor penarik ada beberapa sub yakni merubah keadaan ekonomi, lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan bervariasi di negara tujuan, pendapatan yang memadai, tersedianya aneka kebutuhan yang lebih lengkap dan fasilitas publik yang memadai. Faktor yang terakhir yakni faktor penghambat masyarakat menjadi TKI yakni aturan pemerintah yang menyulitkan pemberangkatan, Ongkos/biaya pemberangktan, Bahasa dan kemampuan skill.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): faktor penarik, faktor pendorong, faktor penghambat, pilihan rasional, TKI (tenaga kerja indonesia).
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:25
Last Modified: 23 Sep 2019 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item