ANALISIS PEMASARAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN ANYAMAN KETAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Dasimah, Nunung (2019) ANALISIS PEMASARAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN ANYAMAN KETAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Nunung Dasimah_Analisis Pemasaran dan Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Ketak di Ka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Lombok Tengah mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan sebagai usaha untuk mengatasi masalah pengangguran dan pendapatan masyarakat yang rendah. Potensi yang dimiliki Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Lombok Tengah ini salah satunya adalah industri kerajinan anyaman ketak. Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah, sentra produksi dari kerajinan anyaman ketak ini berada di beberapa wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Menurut jumlah unit usaha yang tumbuh maka sentra produksi dari kegiatan produksi kerajinan anyaman ketak terdapat di Kecamatan Praya Timur dan Kecamatan Janapria. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kondisi SDM, permodalan, dan pemasaran produk dari usaha kerajinan anyaman ketak di Kabupaten Lombok Tengah, (2) menganalisis saluran dan efisiensi pemasaran produk usaha kerajinan anyaman ketak di Kabupaten Lombok Tengah, (3) merumuskan strategi pengembangan usaha kerajinan anyaman ketak di Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis adalah perajin dan lembaga pemasaran yang terlibat pada usaha kerajinan anyaman ketak. Penelitian ini dilakukan pada 2 dari 12 Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah yaitu Kecamatan Janapria dan Kecamatan Praya Timur secara purposive sampling, kemudian dipilih 2 desa pada masing-masing kecamatan yang terpilih dengan pertimbangan yang sama yaitu Desa Janapria dan Desa Saba serta Desa Beleke dan Desa Mujur. Penentuan jumlah responden dilakukan secara quota sampling sebanyak 42 orang perajin yang masing-masing dipilih secara proportional random sampling, yaitu Desa Janapria 9 orang, Desa Saba 11 orang, Desa Beleke 14 orang, dan Desa Mujur 8 orang. Penentuan responden perajin secara incidental sampling, sedangkan penentuan responden lembaga pemasaran secara snowball sampling yaitu sebanyak 3 orang responden pedagang diantaranya 2 orang responden Pedagang Pengumpul (PP) dan 1 orang Pedagang Pengecer (PPr). Data dianalisis menggunakan deskriptif persentase, analisis margin pemasaran, share produsen, dan nilai efisiensi pemasaran, serta analisis SWOT, setelah itu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kondisi sumber daya manusia (SDM) pada usaha kerajinan anyaman ketak di Kabupaten Lombok Tengah dalam kondisi tidak baik yaitu sebesar 85,72%, sedangkan kondisi permodalan dari usaha ini dalam kondisi tidak baik yaitu sebesar 100%, dan kondisi pemasaran dari usaha ini dalam kondisi kurang baik yaitu sebesar 88,09%. (2) Saluran pemasaran dalam penelitian ini ada empat saluran pemasaran, yaitu saluran I (Perajin – PP – PPR – KA), saluran II (Perajin – PPR – KA Luar Pulau), saluran III (Perajin - PP – KA), dan saluran IV Perajin – PP – PPR – KA Luar Pulau). Saluran pemasaran yang relatif lebih efisien berdasarkan nilai efisiensi adalah saluran IV dengan nilai efisiensi pemasaran sebesar 0,16%. Berdasarkan nilai margin pemasaran, saluran III lebih efisien dengan nilai margin pemasaran sebesar Rp 15.000. Namun, berdasarkan share produsen masing-masing saluran pemasaran tidak efisien karena kurang dari kriteria yang telah ditentukan dengan nilai share produsen tertinggi sebesar 50% pada saluran IV. (3) Strategi yang harus dilakukan untuk pengembangan usaha kerajinan anyaman ketak adalah strategi pertumbuhan secara vertikal yang dilakukan dengan meminimalkan biaya yang tidak efisien untuk meningkatkan kualitas produk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): usaha kerajinan anyaman ketak, efisiensi saluran pemasaran, strategi pengembangan usaha.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:14
Last Modified: 25 Sep 2019 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item