iPENGARUH HEAT TREATMENT PADA KOMPOSIT Al – SiC YANG DI PRODUKSI DENGAN METALURGI SERBUK TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO DENGAN METODE SINTERING

IJAYA, MUHAMAD ASWIN (2019) iPENGARUH HEAT TREATMENT PADA KOMPOSIT Al – SiC YANG DI PRODUKSI DENGAN METALURGI SERBUK TERHADAP KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO DENGAN METODE SINTERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA FDP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Komposit adalah suatu jenis material yang secara struktur terdiri dari dua atau lebih fasa penyusun yaitu pengisi (filler) dan matriks. Gabungan antara material Alumunium (Al) dengan keramik SiC tergolong dalam jenis material komposit, yaitu AMC (Aluminum Matrix Composites) Salah satu cara untuk meningkatkan nilai kekerasan logam, maka perlu dilakukan penguatan pada logam yaitu dengan cara ditambahkan material yang keras, misalnya bahan keramik. Jenis-jenis bahan keramik yang biasa digunakan antara lain: Al2O3, SiC, TiC, dan ZrO2. Diantara jenis keramik tersebut yang paling keras adalah SiC. Senyawa SiC mudah berikatan dan tidak menyebabkan oksidasi pada logam Al, Sedangkan material keramik jenis oksida, seperti: Al2O3, dan ZrO2 juga relatif keras dan kuat, tetapi kelemahannya sulit berikatan dengan logam Al. Bahan penelitian ini adalah Alumunium scrap dan silikon karbida (SiC). Alumunium scrap dan silikom karbida yang sudah di ayak, kemudian di timbang sesuai berat yang di variasikan yaitu : campuran yang pertama Al 100 % dan SiC 0 %, variasi yang ke dua Al : 90 % dan SiC 10 %, variasi yang ke tiga Al : 80 % dan SiC 20 %, dan variasi yang ke empat Al : 70 % dan SiC : 30 %. Selanjutnya alumunium scrap dan silikon karbida dicampur dengan menggunakan alat pencampur. Setelah bahan rata tercampur, lalu masukan kedalam cetakan dan di tekan dengan menggunakan alat tekan dengan berat beban 49 kN dan di oven pada suhu 500ºC. Kemudian dilakukan perlakuan panas selama: 1 jam, 2 jam,dan 3 jam pada suhu 200ºC. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian kekerasan berinell dan struktur mikro Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kekerasan tertinggi terdapat pada variasi penambahan silicon karbida 30% dengan waktu tahan perlakuan selama 3 jam sebesar 47.02 kg/mm² sedangkan nilai terendah didapat pada variasi SiC 0% tanpa waktu tahan perlakuan sebesar 22.05 kg/mm² semakin tinggi penambahan unsur SiC dan waktu tahan perlakuan dapat mempengaruhi kekerasan dan struktur mikro pada komposit .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aluminium skrap, silicon karbida kekerasan brinell dan struktur mikro, komposit.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Oct 2019 08:09
Last Modified: 02 Oct 2019 08:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item