PENGARUH RUMBLE STRIPS TERHADAP PILIHAN KECEPATAN SAAT MEMASUKI ZONA SELAMAT SEKOLAH The Impact of The Rumble Strips for Vehicle Speed on School Safety Zone

Sukmana, Ririn Malasari (2019) PENGARUH RUMBLE STRIPS TERHADAP PILIHAN KECEPATAN SAAT MEMASUKI ZONA SELAMAT SEKOLAH The Impact of The Rumble Strips for Vehicle Speed on School Safety Zone. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIRIN M. SUKMANA (TUGAS AKHIR).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rumble strips adalah salah satu alat pengaman pemakai jalan pada Zona Selamat Sekolah. Tebal pita yang kurang, jarak antar pita yang terlalu jauh, dan jumlah pita yang sedikit dinilai kurang berpengaruh untuk mereduksi kecepatan. Tujuan penelitian ini adalah mencari pengaruh perbedaan tebal, tata letak, dan jumlah rumble strips terhadap kecepatan kendaraan di tiga lokasi sekolah dengan kondisi rumble strips yang berbeda, serta perbedaan nilai Level of Service sebelum, pada, dan setelah ZoSS. Lokasi penelitian dilakukan pada SDN 2 Mambalan, SDN 3 Narmada, dan SDN 1 Lelede. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah volume dan kecepatan yang diperoleh dari survei di lapangan yang selanjutnya dianalisis dengan pedoman PKJI 2014 dan pedoman dari Dirjen Perhubungan Darat tahun 2006 dan 2014 tentang ZoSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan Level of Service kecepatan pada 3 lokasi penelitian. Penurunan kecepatan kendaraan bebanding lurus dengan penambahan tebal, jarak antar pita, dan jumlah rumble strips. Nilai Level of Service sebelum, pada, dan setelah ZoSS tidak terjadi perubahan yang signifikan, kecuali pada lokasi penelitian Jalan Suranadi pada pagi hari (Nilai LoS C), hal tersebut dikarenakan tingginya volume kendaraan yakni sebesar 1459.88 skr/jam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ZoSS, Rumble Strips, Level of Service, Kecepatan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Oct 2019 08:09
Last Modified: 02 Oct 2019 08:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item