KLASIFIKASI GENRE MUSIK MENGGUNAKAN METODE MEL-FREQUENCY CEPSTRUM COEFFICIENTS (MFCC) DAN K-NEAREST NEIGHBORS CLASSIFIER

Prasetyo, Pandu Deski (2019) KLASIFIKASI GENRE MUSIK MENGGUNAKAN METODE MEL-FREQUENCY CEPSTRUM COEFFICIENTS (MFCC) DAN K-NEAREST NEIGHBORS CLASSIFIER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Dalam dunia musik, musik memiliki beberapa jenis aliran genre yang dapat dikelompokkan, ada musik bergenre pop, rock, blues, slow, jazz, metal, dangdut dan masih banyak lagi. Dan bagi setiap orang pasti memiliki kesukaan jenis aliran genre yang berbeda satu dengan yang lainnya, tapi untuk membedakannya tidak perlu memutar file musik satu persatu apalagi jika jumlah file musiknya banyak. Maka dari itu di perlu suatu perangkat lunak komputer untuk membedakan setiap genre tersebut agar memudahkan para pengguna membedakan serta mengelompokkan jenis musik yang sesuai dengan keinginannya secara otomatis. Dengan menggunakan metode MFCC dan KNN sebagai klasifikasi solusi untuk mengelompokkan beberapa jenis aliran genre dapat teratasi dengan mudah. Hasil yang dicapai dari penelitian ini mencapai 52, 4% dengan nilai K=13 sebagai titik tetangga terdekat optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MFCC, KNN, Musik, Genre, Signal Prosesing.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Oct 2019 08:09
Last Modified: 02 Oct 2019 08:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14645

Actions (login required)

View Item View Item