RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII2 PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM

JAMAL, FIQRI (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII2 PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TAGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan konvensional memiliki keterbatasan dalam proses belajar mengajar, dimana proses belajar mengajar hanya dilakukan dengan cara bertemu langsung antara pengajar dan pelajar dalam ruang kelas. Waktu yang tersedia bagi pengajar dan pelajar untuk bertemu langsung di ruang kelas sangat terbatas. Sehingga akan menghambat dalam pengembangan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh para pelajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibentuklah sebuah konsep baru dalam belajar mengajar yang disebut Electronic learning (e-learning). Electronic learning atau e-learning secara umum merupakan konsep pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan media elektronik. E-learning juga didefinisikan sebagai suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajarnya. Pembuatan e-learning dengan menggunakan PHP native memiliki kekurangan seperti tidak adanya Coding Style Consistence (cara pengkodean yang sama atau konsisten), apabila sistem dikelola oleh programmer lain maka akan ada perbedaan dalam penulisan source code program, sehingga akan sulit dalam pengembangannya. Untuk mempermudah dalam proses pengembangan sistem dibutuhkan sebuah kerangka kerja (framework) PHP dalam pembuatan sistemnya. Yii2 adalah framework berbasis PHP, menerapkan Coding Style Consistence, sehingga akan mempermudah dalam hal pembacaan source code program karena menggunakan cara pengkodean yang sama atau konsisten. Hasil akhir dari penelitian ini adalah terbuatnya sebuah aplikasi e-learning yang menggunakan Yii2 framework sebagai kerangka kerjanya. Aplikasi e-learning ini dibuat untuk dapat mempermudah dalam kegiatan belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-learning, PHP, dan Yii2 framework
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:52
Last Modified: 08 Oct 2019 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14662

Actions (login required)

View Item View Item