ANALISA DAYA ROTOR TURBIN ANGIN SKALA KECIL DENGAN SIMULASI AUTODESK SIMULATION COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)

Fantoni, Wahyu Ari (2019) ANALISA DAYA ROTOR TURBIN ANGIN SKALA KECIL DENGAN SIMULASI AUTODESK SIMULATION COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Energi angin meruapakan salah satu sumber energi yang dapat diperbaharui. Oleh karen itu energi angin adalah energi alternative yang memiliki prospek baik untuk memnuhi kekurangan energi listrik selain keberadaannya yang selalu tersedia maka energi angin juga merupakan energi yang ramah lingkungan. Indonesia memiliki potensi energi angin sangat besar denga kecepatan angin berkisar antara 2 m/s hingga 6 m/s, dan khususnya di daerah Nusa Tenggara dapat mencapai kecepatan angin >5 m/s. Dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simulasi mengunakan Software Autodesk Inventor dan Autodesk Computational Fluid Dynamic yang bertujuan untuk mengetahui torsi dan daya pada masing-masing variasi jumlah blade dan variasi kecepatangan angin. Variasi dilakukan pada jumlah blade dan kecepatan angin input pada inlet wall dari boundary condition 3 m/s-16 m/s. Hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk grafik jumlah sudu dan kecepatan angin terhadap putaran rotor, jumlah sudu dan kecepatan angin terhadap torsi dan jumlalah sudu dan kecepatan angin terhadap daya rotor. Kecepatan putaran rotor maksimum dihasilkan pada variasi 3 blade dengan kecepatan angin 16 m/s yaitu sebesar 9452,357727 rpm. Torsi maksimum dihasilkan pada variasi 6 blade dengan kecepatan angin 16 m/s sebesar 4,11196 N.m. Daya rotor maksimum dihasilkan pada variasi 5 blade dengan kecepatan angin sebesar 16 m/s yaitu sebesar 3894,406574 Watt. Sehingga dari semua variasi yang dilakukan, didapatkan hasil terbaik pada variasi 5 blade dengan kecepatan angin sebesar 16 m/s.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Turbin angin poros horizontal, Autodesk Computational Fluid Dyanamic, Dynamic Simulation, k-epsilon dan k-omega.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:52
Last Modified: 08 Oct 2019 04:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

View Item View Item