DETEKSI DAN PENCEGAHAN SERANGAN WORMHOLE PADA PROTOKOL ROUTING AOMDV MENGGUNAKAN GABUNGAN METODE DELPHI DAN RTT-TC PADA JARINGAN MANET

SAFITRI, NINI KURNIA (2019) DETEKSI DAN PENCEGAHAN SERANGAN WORMHOLE PADA PROTOKOL ROUTING AOMDV MENGGUNAKAN GABUNGAN METODE DELPHI DAN RTT-TC PADA JARINGAN MANET. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nini Kurnia Safitri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mobile Ad Hoc Network (MANET) adalah suatu jaringan yang tidak memiliki infrastruktur tetap dimana terdapat sekumpulan node yang bersifat mobile didalamnya.Hal ini menyebabkan jaringan MANET rentan terhadap serangan-serangan yang dapat mengganggu proses komunikasi dan transmisi data pada jaringan tersebut. Salah satu jenis serangan yang dapat menyerang jaringan MANET adalah serangan wormhole. Wormhole merupakan suatu serangan pada jaringan dimana terdapat dua wormhole node yang saling terhubung dan bekerja sama untuk menyerang lalu lintas jaringan ataupun membuang paket data yang diterimanya. Setiap wormhole node akan saling terhubung menggunakan wormhole link. Untuk mencegah serangan wormhole, metode yang dapat digunakan adalah metode Delay Per Hop Indicator (Delphi) dan metode Round Trip Time and Topological Comparison (RTT-TC).Metode Delphi mendeteksi serangan wormhole dengan menghitung delay di setiap hop dari node sumber ke node tujuan. Sedangkan pada metode RTT-TC, serangan wormhole dideteksi dengan menghitung nilai round trip timedan topological comparison. Metode Delphi dan RTT-TC memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada penelitian ini diusulkan penggabungan metode Delphi dan RTT-TC untuk menutupi kekurangan masing-masing metode. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa penggabungan metode Delphi dan RTT-TC dapat mendeteksi dan mencegah serangan wormhole serta memperbaiki kualitas jaringan yang buruk yang disebabkan oleh adanya serangan wormhole.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): MANET, Wormhole, Delphi, RTT-TC.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:51
Last Modified: 08 Oct 2019 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14674

Actions (login required)

View Item View Item