MANAJEMEN USAHA AGROINDUSTRI TAHU TEMPE DI KOTA MATARAM

Windarti, Windarti (2019) MANAJEMEN USAHA AGROINDUSTRI TAHU TEMPE DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINDARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui manajemen produksi yang dilakukan oleh pengusaha agroindustri tahu dan tempe di Kota Mataram, (2) mengetahui bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha agroindustri tahu dan tempe di Kota Mataram, (3) mengetahui hambatan yang dihadapi oleh pengusaha agroindustri tahu dan tempe di Kota Mataram. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sandubaya dan Sekarbela secara Purposive Sampling. Unit analisis yang digunakan adalah pengusaha agroindustri tahu, tempe, tahu dan tempe. Penentuan jumlah responden ditentukan secara quota sampling yakni ditetapkan sebanyak 30 pengusaha, masing- masing kelurahan diambil 15 sampel yang memproduksi tahu, tempe, tahu dan tempe secara quota sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan sistem skoring, bauran pemasaran serta mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam usaha agroindustri tahu dan tempe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen produksi pada usaha agroindustri tahu dan tempe di daerah penelitian ini secara umum dalam kategori baik. Dimana pada fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam kategori baik tetapi pada fungsi pengorganisasian masuk dalam kategori yang kurang baik. (2) Pada bauran pemasaran atau marketing mix (product, place, promotion, price). Pengusaha melakukan diversifikasi produk berdasarkan variasi ukuran dan harga. Jangkauan distribusi usaha tahu tempe memiliki cakupan pemasaran yang cukup luas baik di dalam daerah maupun di luar daerah. Promosi yang dilakukan secara personal selling dan lewat media sosial seperti facebook. Harga ditentukan berdasarkan besar kecilnya tahu dan tempe itu sendiri. (3) Hambatan yang dihadapi oleh pengusaha tahu tempe antara lain yaitu bahan penolong, persaingan, modal dan pemasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usaha Tahu Tempe, Manajemen, Pemasaran, Hambatan- Hambatan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:51
Last Modified: 08 Oct 2019 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14680

Actions (login required)

View Item View Item