STRUKTUR DAN KOMPOSISI KOMPONEN PENYUSUN HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH KANGKARENG PERUT-PUTIH (Anthracoceros albirostris) DI ZONA PEMANFAATAN RESORT BAMA TAMAN NASIONAL BALURAN

Nurdiansyah, Rizal (2019) STRUKTUR DAN KOMPOSISI KOMPONEN PENYUSUN HABITAT YANG DIGUNAKAN OLEH KANGKARENG PERUT-PUTIH (Anthracoceros albirostris) DI ZONA PEMANFAATAN RESORT BAMA TAMAN NASIONAL BALURAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kangkareng perut-putih (Anthracoceros albirostris) merupakan satwa yang dilindungi melalui Undang-undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa. Salah satu kawasan yang teridentifikasi sebagai habitat kangkareng perut-putih (Anthracoceros albirostris) di Jawa adalah Zona Pemanfaatan Resort Bama Taman Nasional Baluran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan komposisi komponen penyusun habitat yang digunakan oleh kangkareng perut-putih (Anthracoceros albirostris) di Zona Pemanfaatan Resort Bama Taman Nasional Baluran. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data meliputi, studi literatur, wawancara, observasi. Data yang dihimpun meliputi, komponen biotik, komponen abiotik dan analisis vegetasi. Metode yang digunakan adalah metode IPA (Indeces Ponctuele del’Abondance) untuk penentuan keberadaan kangkareng perut-putih (Anthracoceros albirostris), sedangkan untuk analisis vegetasi digunakan metode petak tunggal. Hasil dari penelitian ini adalah pohon yang digunakan oleh kangkareng perut-putih (Anthracoceros albirostris) berjumlah 14 jenis, terdiri dari sepuluh jenis pohon berlindung, enam jenis pohon pakan, dua jenis pohon tengger, satu jenis pohon tidur, dan tidak ditemukannya pohon sarang. Pohon dengan frekuensi penggunaan tertinggi adalah pohon gondang (Ficus variegata) dengan diameter 92 cm, tinggi 25 m, dan luas tajuk 18,80 m2 , dengan suhu harian berkisar antara 29,48°C- 29,79°C, rata-rata kelembaban harian antara 84,57%-85,10% dan intensitas cahaya berkisar antara 0,7 lux sampai dengan 4.460 lux. Jenis pohon yang memiliki INP tertinggi yaitu pohon gebang (Corypha utan) dengan memiliki nilai INP sebesar 157,70.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kangkareng Perut-Putih, Karakteristik Pohon, Analisis Vegetasi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:51
Last Modified: 08 Oct 2019 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14686

Actions (login required)

View Item View Item