IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BUAH-BUAHAN DI KOTA MATARAM (Studi Kasus: Arena Buah Cakranegara)

Thamara, Lola (2019) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BUAH-BUAHAN DI KOTA MATARAM (Studi Kasus: Arena Buah Cakranegara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LOLA THAMARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis buah-buahan yang dibeli oleh konsumen, untuk menganalisis jumlah permintaan untuk menganalisis jumlah permintaan masyarakat terhadap buah-buahan, unutk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemintaan buah-buahan. Penelitian ini dilaksanakan secara purposive sampling yaitu diarena buah. Responden dalam penelitian ini diperolah sebanyak 70 responden secara quota sampling. Hasil dalam penelitian ini 1) Jenis buah-buahan yan g diminta dipasar arena buah yaitu apel fuji,anggur hitam impor, duku, jeruk lumajang, klengkeng, manggis, salak ppndoh, pir kuning, apel fuji pohon, alpukat mentega, naga, pir jambu, pisang ijo, dan jeruk mandarin. 2) permintaan buah tertinggi oleh rumah tangga adalah buah duku (3,5Kg/bulan/rumah tangga), salak pondoh (3,4 kg), jeruk lumajang (2,8 kg), manggis (2,5 kg), alpukat mentega (2,5 kg), naga (2,5 kg), jeruk mandarin (2,5 kg), apel fuji (2,4 kg), anggur hitam impor (2,3 kg), pir kuning (2,3 kg), pir jambu (2,3 kg), pisang hijau (2,3 kg), apel fuji pohon (2,0 kg), dan kelengkeng (1,9 kg). 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan buah berturut-turut dari yang paling banyak disebutkan hingga paling sedikit adalah selera konsumen (100%), penampilan buah (54%), ketersediaan buah (50%), harga buah (44%), dan tradisi membeli (37%). Pendapatan konsumen yang digunakan untuk membeli buah-buahan adalah Rp 222.964 atau 3,0% dari total pendapatan sebesar Rp 8.882.857.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis buah-buahan yang dibeli oleh konsumen, untuk menganalisis jumlah permintaan untuk menganalisis jumlah permintaan masyarakat terhadap buah-buahan, unutk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemintaan buah-buahan. Penelitian ini dilaksanakan secara purposive sampling yaitu diarena buah. Responden dalam penelitian ini diperolah sebanyak 70 responden secara quota sampling. Hasil dalam penelitian ini 1) Jenis buah-buahan yan g diminta dipasar arena buah yaitu apel fuji,anggur hitam impor, duku, jeruk lumajang, klengkeng, manggis, salak ppndoh, pir kuning, apel fuji pohon, alpukat mentega, naga, pir jambu, pisang ijo, dan jeruk mandarin. 2) permintaan buah tertinggi oleh rumah tangga adalah buah duku (3,5Kg/bulan/rumah tangga), salak pondoh (3,4 kg), jeruk lumajang (2,8 kg), manggis (2,5 kg), alpukat mentega (2,5 kg), naga (2,5 kg), jeruk mandarin (2,5 kg), apel fuji (2,4 kg), anggur hitam impor (2,3 kg), pir kuning (2,3 kg), pir jambu (2,3 kg), pisang hijau (2,3 kg), apel fuji pohon (2,0 kg), dan kelengkeng (1,9 kg). 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan buah berturut-turut dari yang paling banyak disebutkan hingga paling sedikit adalah selera konsumen (100%), penampilan buah (54%), ketersediaan buah (50%), harga buah (44%), dan tradisi membeli (37%). Pendapatan konsumen yang digunakan untuk membeli buah-buahan adalah Rp 222.964 atau 3,0% dari total pendapatan sebesar Rp 8.882.857.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:51
Last Modified: 08 Oct 2019 04:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item View Item