PENGARUH TANAM-SISIP KACANG TANAH DIANTARA BARISAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.)

Fathri, Ari Khairuni (2019) PENGARUH TANAM-SISIP KACANG TANAH DIANTARA BARISAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil dua varietas cabai rawit yang ditanam-sisip dengan kacang tanah. Percobaan dilaksanakan dilahan sawah desa Nyur Lembang Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat dibulan Juni sampai November 2017. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan dua faktor, yaitu varietas dan tanam sisip. Faktor varietas (V) cabai rawit terdiri atas dua aras yaitu V1 (varietas siung) dan V2 (varietas dewata). Faktor tanam sisip (T) terdiri dua aras yaitu T0 (tanpa kacang tanah) dan T1 (disisipkan kacang tanah). Setiap kombinasi perlakuan diulang empat kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (ANOVA) dan diuji lanjut dengan menggunakan uji BNJ pada taraf nyata 5 persen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi antara faktor varietas dan faktor tanam sisip. Penyisipan kacang tanah diantara barisan pada dua varietas tanaman cabai rawit berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah cabang. Faktor varietas berpengaruh terhadap pertumbuhan, yaitu laju pertumbuhan tinggi, jumlah daun, dan jumlah cabang tanaman serta hasil yaitu jumlah dan berat buah. Pertumbuhan dan hasil varietas Siung lebih tinggi dibandingkan varietas Dewata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cabai rawit, kacang tanah, tanam sisip, pertumbuhan, hasil
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:49
Last Modified: 08 Oct 2019 04:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item