IDENTIFIKASI ATRAKSI WISATA PENDUKUNG UNTUK PENGEMBANGAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Hikmah, Julia (2019) IDENTIFIKASI ATRAKSI WISATA PENDUKUNG UNTUK PENGEMBANGAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Taman Wisata Alam adalah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan terutama untuk kegiatan pariwisata dan rekreasi. Untuk dapat menarik wisatawan, suatu obyek wisata harus ada pengembangan dari segi aksesibilitas, sarana dan prasarana sebagai pendukung obyek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis atraksi wisata, penentuan skala prioritas dan strategi pengembangan wisata pendukung di TWA Gunung Tunak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018 s/d Januari 2019 di TWA Gunung Tunak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi lapangan dan wawancara serta kelompok diskusi terfokus (FGD). Responden wawancara yang terdiri dari pengelola 4 orang, masyarakat sekitar kawasan 10 orang, dan peserta FGD 4 orang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan wisatawan sebanyak 45 orang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data identifikasi atraksi diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan penentuan skala prioritas diperoleh dari hasil wawancara atraksi tertinggi yang dipilih oleh responden, dan strategi pengembangan diperoleh dari hasil kelompok diskusi terfokus (FGD). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 jenis wisata pendukung yang ada di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak, yaitu: 1) camping ground, 2) butterfly learning center, 3) penangkaran rusa, 4) jungle tracking, 5) landscape tebing, dan 6) soft tracking. Dari hasil wawancara diperoleh prioritas pengembangan dalam mendukung obyek wisata di TWA Gunung Tunak ini yaitu Camping Ground. Rumusan strategi pengembangan camping ground dengan menggunakan metode SWOT diantaranya: a) meningkatkan kinerja SDM dengan memanfaatkan masyarakat sekitar kawasan untuk ikut serta berperan dalam pengembangan camping ground, b) mempromosikan camping ground melalui media sosial atau media cetak, c) pemasangan papan penunjuk arah camping ground, d) pengadaan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat sekitar kawasan, e) menambahkan objek wisata non permanen, dan f) penanaman tanaman ciri khas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Taman Wisata Alam; camping ground; strategi; wisatawan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:38
Last Modified: 10 Oct 2019 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14739

Actions (login required)

View Item View Item