PENGARUH MULSA LIMBAH GABAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG KETAN PASCA PADI KONVENSIONAL DAN AEROBIK TUMPANGSARI DENGAN KACANG TANAH

Al Bayani, Gangga Harijatulah (2019) PENGARUH MULSA LIMBAH GABAH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG KETAN PASCA PADI KONVENSIONAL DAN AEROBIK TUMPANGSARI DENGAN KACANG TANAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Gangga 29Mei2019 - Fixed-8Juni'19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik budidaya padi dan aplikasi limbah gabah terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung ketan yang ditugal langsung pasca padi tanpa olah tanah. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimental dengan melaksanakan percobaan lapangan di desa Beleke, Gerung, Lombok Barat dari bulan September hingga Desember 2018, yang dirancang dengan Rancangan Petak Terpisah (Split Plot Design), dengan 3 blok dan 2 faktor perlakuan, yaitu teknik budidaya padi sebagai petak utama (T1= konvensional; T2= padi sistem aerobik) dan aplikasi limbah gabah sebagai anak petak (L0= tanpa limbah; L1= sekam; L2= abu sekam). Data hasil pengamatan dianilis dengan ANOVA (Analysis of Variance) dan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5% menggunakan program Costat for Windows ver. 6.311. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh interaksi maupun aplikasi limbah gabah terhadap semua varibel pengamatan tetapi teknik budidaya padi berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan tinggi tanaman, tinggi tanaman 56 HST, jumlah daun 56 HST, panjang tongkol, berat berangkasan kering, berat biji kering pipil per tanaman dan berat 100 biji. Hasil biji kering pipil lebih tinggi pada jagung ketan yang ditanam pasca padi sistem aerobik tumpangsari dengan kacang tanah (rata-rata 5,7 t/ha) dibandingkan pasca padi konvensional (rata-rata 1,9 t/ha).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Budidaya Padi, Sekam, Abu Sekam, Jagung Ketan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:38
Last Modified: 10 Oct 2019 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14750

Actions (login required)

View Item View Item