ANALISIS KORELASI KARAKTER KUANTITATIF KETURUNAN KETIGA (F3) HASIL PERSILANGAN ANTARA PAPRIKA (Capsicum annum var grossum) DENGAN CABAI MERAH (Capsicum annumL.)

Hikmah, Wardiatun (2019) ANALISIS KORELASI KARAKTER KUANTITATIF KETURUNAN KETIGA (F3) HASIL PERSILANGAN ANTARA PAPRIKA (Capsicum annum var grossum) DENGAN CABAI MERAH (Capsicum annumL.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis koefisien korelasi genotipik pada keturunan ketiga (F3) hasil persilangan tanaman paprika dengan cabai merah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental dengan ditanam di dalam pot karet. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal Oktober 2018 sampai Februari 2019. Rancangan percobaan dalam penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan menggunakan 4 genotipe yaitu P1 (paprika merah sebagai tetua betina), P2 (cabai merah sebagai tetua jantan), F1 (keturunan pertama hasil persilangan paprika merah dengan cabai merah), F3 (keturunan ketiga hasil persilangan paprika merah dengan cabai merah). P1, P2,dan F1 diulang sebanyak 5 kali, sedangkan F3 diulang sebanyak 16 kali, sehingga diperoleh 31 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman pada taraf 5%, analisis peragam dan analisis koefisien korelasi genotipik. Koefisien korelasi genotipik yang berkorelasi positif nyata pada taraf 5% ditunjukkan oleh sifat panjang daun dengan umur berbunga, dan jumlah buah dengan panjang buah. Koefisien korelasi genotipik yang berkorelasi negatif nyata ditunjukkan oleh sifat tinggi tanaman dengan panjang buah, diameter batang dengan jumlah buah, diameter batang dengan panjang buah, dan lebar daun dengan panjang buah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Paprika, Persilangan, Korelasi Genotipik.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:37
Last Modified: 10 Oct 2019 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item View Item