EVALUASI DAYA HASIL BEBERAPA KELAS BENIH KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) VARIETAS VIMA-1 DENGAN PERLAKUAN BERBAGAI DOSIS PUPUK UREA

Karo, Renika Br (2019) EVALUASI DAYA HASIL BEBERAPA KELAS BENIH KACANG HIJAU (Vigna radiata L.) VARIETAS VIMA-1 DENGAN PERLAKUAN BERBAGAI DOSIS PUPUK UREA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Renika Br Karo (C1M015169).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya penurunan hasil kelas benih dasar setelah diturunkan menjadi benih pokok dan benih sebar generasi pertama. 2) Mengetahui adanya peningkatan atau penurunan hasil kelas benih varietas Vima-1 sebagai akibat dari perlakuan pemberian pupuk Urea dengan dosis yang berbeda. 3) Mengetahui adanya interaksi antara pupuk Urea dengan kelas benih kacang hijau yang mempengaruhi daya hasil tanaman kacang hijau. Percobaan ini telah dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai bulan Oktober tahun 2018. Metode yang digunakan dalam percobaan ini adalah metode experimental dengan melakukan percobaan di lapangan. Percobaan ini dilakukan di lahan pertanian di Dusun Amor-amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada ketinggian 60 mdpl. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor perlakuan yaitu : faktor perlakuan pertama adalah pupuk Urea (U) dengan 3 aras, yaitu : u1 = dosis pupuk 0 kg/ha, u2 = 50 kg/ha, dan u3 = 100 kg/ha, faktor perlakuan kedua adalah kelas benih (V) dengan 3 aras yaitu : v1 = benih dasar, v2 = benih pokok dan v3 = kelas benih sebar generasi pertama. Ketiga perlakuan dosis pupuk dikombinasikan dengan tiga kelas benih kacang hijau kemudian diulang tiga kali sehingga diperoleh 27 petak perlakuan dalam 3 blok. Parameter yang di amati: tinggi tanaman, jumlah daun/tanaman, jumlah daun kuning/tanaman, jumlah cabang produktif, jumlah polong/tanaman, berat polong/tanaman, berat biji per tanaman, berat biji per petak, berat 100 biji, berat biji per hektar dan biomassa tanaman. Berdasarkan hasil percobaan yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut . 1) Tidak terjadi penurunan hasil tanaman benih dasar setelah diturunkan menjadi benih pokok dan benih sebar generasi pertama dan kedua. 2) Pemberian pupuk Urea dengan dosis yang berbeda tidak memberikan pengaruh nyata terhadap parameter hasil tanaman kacang hijau varietas Vima-1 dengan kelas benih yang berbeda, sehingga tidak terjadi penurunan dan peningkatan hasil. 3) Perlakuan kelas benih varietas Vima-1 dengan dosis pupuk Urea tidak menunjukkan adanya interaksi, sehingga tidak mempengaruhi daya hasil kacang hijau.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kacang Hijau, Kelas Benih, Pupuk Urea.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:43
Last Modified: 14 Oct 2019 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14761

Actions (login required)

View Item View Item