ANALISIS PEMASARAN TANAMAN HIDROPONIK KANGKUNG DI KOTA MATARAM

Simanjuntak, Emmelia Gitamayningrum (2019) ANALISIS PEMASARAN TANAMAN HIDROPONIK KANGKUNG DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Sistem pertanian dengan teknik Hidroponik telah diperkenalkan sejak Tahun 2015 oleh pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat kepada masyarakat. Bertani secara hidroponik memberikan peluang besar bagi masyarakat yang ingin bertani dengan lahan sempit dan memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat. Selain itu lokasi pemasaran yang menjajikan dengan syarat jenis tanaman sesuai dengan permintaan pasar khususnya jenis tanaman kangkung yang bernilai tinggi. Akan tetapi berusahatani dengan teknik hidroponik membutuhkan investasi yang besar sehingga masyarakat masih ragu menerapkan teknik tersebut. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui, (1) Besar pendapatan petani kangkung hidroponik. (2) Saluran pemasaran kangkung hidroponik di Kota Mataram. (3) Efesiensi usahatani kangkung hidroponik di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Snow Ball. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Mataram yaitu Kecamatan Mataram dan Kecamatan Selaparang yang dilakukan secara purposive sampling. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan teknis sensus diperoleh 3 responden atau petani yang telah mengusahakan sayuran hidroponik di Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendapatan yang diterima pada usaha sayuran hidroponik kangkung adalah sebesar Rp. 3.501.496,- per luas lahan garapan atau sebesar Rp. 2.686.570,- per are untuk satu kali proses produksi yaitu selama dua minggu. (2) Saluran pemasaran kangkung hidroponik di Kota Mataram ada 3 (tiga) yaitu: I. Produsen Pedagang Pengepul Konsumen II. Produsen Pengecer/Hypermart Konsumen III. Produsen Konsumen (3) Pemasaran kangkung hidroponik di Kota Mataram pada ; Saluran I, dan saluran II sudah efisien hal ini ditunjukkan oleh nilai share responden lebih besar dari 50% yaitu 90 % dan 87 % berada di atas margin pemasaran. Ditinjau dari kelayakan finansial usaha sayuran hidroponik kangkung layak untuk dikembangkan hal ini ditunjukkan dengan nilai R/C Ratio sebesar 2,27 artinya setiap biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 1,- akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 2,27. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disampaikan beberapa saran sebagai berikut: (1) Dianjurkan kepada petani untuk meningkatkan kapasitas produksi agar sayuran yang dihasilkan lebih banyak sehingga pendapatan petani lebih besar. (2) Diharapkan kepada penyuluh pertanian lebih mensosialisasikan tentang manfaat bertani sistem hidroponik khususnya tanaman kangkung terutama bagi masyarakat yang memiliki lahan sempit mengingat potensi pengembangan kangkung hidroponik yang tidak membutuhkan lahan yang luas. (3) Disarankan bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan penelitian berkaitan dengan saluran pemasaran sayuran hidroponik agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai refrensi untuk mendukung penelitian tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemasaran, Kangkung, Hidroponik, Mataram
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:27
Last Modified: 14 Oct 2019 07:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14767

Actions (login required)

View Item View Item