PENGARUH LEVEL PENAMBAHAN CURD KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris) SEBAGAI SUMBER PANGAN FUNGSIONAL TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI, DAYA SIMPAN, DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM

MUSLIHATUN, MUSLIHATUN (2019) PENGARUH LEVEL PENAMBAHAN CURD KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris) SEBAGAI SUMBER PANGAN FUNGSIONAL TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI, DAYA SIMPAN, DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh level penambahan curd kacang merah sebagai pangan fungsional terhadap kandungan nutrisi, daya simpan dan uji organoleptik pada sosis daging ayam. Terdapat 4 level penambahan yaitu, penambahan curd kacang merah 0% penambahan curd kacang merah 10%, penambahan curd kacang merah 20% dan penambahan curd kacang merah 30% . Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram untuk pembuatan sampel dan uji organoleptik, dan Laboratorium Ilmu Nutrisi Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram untuk uji kandungan nutrisi sosis daging ayam. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah nilai kandungan nutrisi, masa simpan, nilai organoleptik pada sosis daging ayam. Data uji organoleptik dianalisis menggunakan statistika non parametrik yaitu Friedman Test sedangkan penentuan kadar nutrisi menggunakan Sidik Ragam ANOVA dengan empat perlakuan dan tiga ulangan bila ada perbedaan yang nyata diantara perlakuan maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s. Hasil uji daya simpan sosis, bahwa sosis daging ayam dalam suhu ruang tidak layak dikonsumsi pada waktu ke 20 jam dengan menunjukkan sosis berlendir dan aroma tidak enak. Sedangkan pH sosis memberikan pengaruh yang signifikan pada penambahan curd kacang merah. Selanjutnya, hasil perhitungan nilai organoleptik panelis lebih menyukai sosis daging ayam dengan penambahan curd kacang merah 20% dari pada 10% dan 30% sehingga penambahan curd kacang merah memberikan pengaruh berbeda nyata (P≤0,05) terhadap nilai keseluruhan sosis daging ayam. Sedangkan nilai kandungan nutrisi sosis daging ayam menunjukkan bahwa penambahan curd kacang merah dengan berbagai level memberikan pengaruh sangat nyata (P≤0,01) terhadap kadar air, kadar abu, kadar lemak dan kadar protein sosis daging ayam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kandungan nutrisi, organoleptik, pH sosis, masa simpan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:56
Last Modified: 16 Oct 2019 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14783

Actions (login required)

View Item View Item