PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS VI KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Febriandy, Andika (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS VI KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Andika Febriandy (E1E015006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi sebanyak 124 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian adalah kelas V SDN 18 Cakranegara sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 3 Cakranegara sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 49 siswa. Data dari hasil belajar pre- test dan post-test diuji normalitasnya dengan uji kolmogorov-smirnov, kemudian diuji homogenitasnya menggunakan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Pada hasil belajar diperoleh nilai �����

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Student Facilitator and Explaining (SFE), Hasil Belajar IPA
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:55
Last Modified: 16 Oct 2019 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14789

Actions (login required)

View Item View Item