Febriandy, Andika (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS VI KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Andika Febriandy (E1E015006).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi sebanyak 124 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian adalah kelas V SDN 18 Cakranegara sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 3 Cakranegara sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 49 siswa. Data dari hasil belajar pre- test dan post-test diuji normalitasnya dengan uji kolmogorov-smirnov, kemudian diuji homogenitasnya menggunakan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Pada hasil belajar diperoleh nilai �����
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Student Facilitator and Explaining (SFE), Hasil Belajar IPA |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 03:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 03:55 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14789 |
Actions (login required)
View Item |