UJI AKTIVITAS ANTIPROLIFERASI EKSTRAK ALGA MERAH Gelidium latifolium MELALUI INDUKSI APOPTOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN SEL HEK-293 SECARA IN VITRO

FANANI, RIZKA AZZAHRAL (2019) UJI AKTIVITAS ANTIPROLIFERASI EKSTRAK ALGA MERAH Gelidium latifolium MELALUI INDUKSI APOPTOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN SEL HEK-293 SECARA IN VITRO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Laporan yang dirilis oleh International Agency for Research on Cancer, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengestimasi terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian yang terjadi pada tahun 2018. Rumput laut merah dilaporkan memiliki senyawa bioaktif yang dapat menghambat proliferasi sel kanker. Pengembangan obat antikanker diarahkan pada induksi apoptosis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas antiproliferasi ekstrak etanol alga merah Gelidium latifolium melalui induksi apoptosis terhadap pertumbuhan sel HEK-293. Hasil penelitian didapatkan berat rendemen ekstrak G. latifolium sebesar 5,3337%. Hasil uji sitotoksisitas ektrak alga merah G. latifolium terhadap pertumbuhan sel HEK-293 dengan waktu inkubasi selama 48 jam terbukti memiliki aktivitas antiproliferasi terhadap sel HEK-293 dengan nilai IC50 sebesar 92,543 ± 7,87 μg/mL. Hasil pewarnaan DAPI dan analisis fragmentasi DNA menunjukkan ekstrak G. latifolium menghambat pertumbuhan sel HEK-293 melalui induksi apoptosis. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan obat antikanker berbasis rumput laut yang murah, mudah didapat, dan ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali, menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Laporan yang dirilis oleh International Agency for Research on Cancer, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengestimasi terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian yang terjadi pada tahun 2018. Rumput laut merah dilaporkan memiliki senyawa bioaktif yang dapat menghambat proliferasi sel kanker. Pengembangan obat antikanker diarahkan pada induksi apoptosis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas antiproliferasi ekstrak etanol alga merah Gelidium latifolium melalui induksi apoptosis terhadap pertumbuhan sel HEK-293. Hasil penelitian didapatkan berat rendemen ekstrak G. latifolium sebesar 5,3337%. Hasil uji sitotoksisitas ektrak alga merah G. latifolium terhadap pertumbuhan sel HEK-293 dengan waktu inkubasi selama 48 jam terbukti memiliki aktivitas antiproliferasi terhadap sel HEK-293 dengan nilai IC50 sebesar 92,543 ± 7,87 μg/mL. Hasil pewarnaan DAPI dan analisis fragmentasi DNA menunjukkan ekstrak G. latifolium menghambat pertumbuhan sel HEK-293 melalui induksi apoptosis. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk pengembangan obat antikanker berbasis rumput laut yang murah, mudah didapat, dan ramah lingkungan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Oct 2019 03:55
Last Modified: 16 Oct 2019 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item View Item