KORELASI GENOTIPIK SIFAT-SIFAT KUANTITATIF PADA POPULASI F3 HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis) DAN MELON (Cucumis melo L.)

Septiani, Eli (2019) KORELASI GENOTIPIK SIFAT-SIFAT KUANTITATIF PADA POPULASI F3 HASIL PERSILANGAN BLEWAH (Cucumis melo var cantalupensis) DAN MELON (Cucumis melo L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya koefisien korelasi genotipik untuk menentukan derajat keeratan hubungan antar karakter pada keturunan F3 hasil persilangan blewah dengan melon dan untuk menentukan kriteria seleksi tidak langsung terhadap hasil. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli 2018 sampai pada bulan Oktober 2018 di Kebun Hibridisasi, Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu G1 tetua betina( blewah), G2 tetua jantan (melon), G3 (F1 hasil persilangan blewah dengan melon), G4 (F2 hasil persilangan blewah dengan melon), G5 (F3 hasil persilangan blewah dengan melon). Perlakuan G1, G2 dan G3 diulang sebanyak 10 kali sedangkan perlakuan G4 dan G5 diulang sebanyak 64 kali, sehingga diperoleh 158 unit percobaan. Data percobaan dianalisis dengan analisis korelasi genotipik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bobot buah segar berkorelasi genotipik positif dengan jumlah cabang produktif dan panjang buah. Implikasinya adalah perbaikan daya hasil keturunan persilangan blewah dan melon dapat dilakukan melalui perbaikan jumlah cabang produktif dan panjang buah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): blewah, melon, korelasi genotipik.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:06
Last Modified: 04 Nov 2019 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14796

Actions (login required)

View Item View Item